Meja Dekan

IRFAN PURNAWAN, S.T., M.Chem.Eng.

Dekan Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Jakarta


Assalamualaykum warahmatullaahi wabarakaatuh

Alhamdulillah… segala puji bagi Allah Subhanahu wata’ala atas segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyajikan informasi mengenai Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta melalui portal website ft.umj.ac.id. Web ini akan kami perbaharui secara berkesinambungan untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada Mahasiswa, Staf Pengajar, Alumni dan Masyarakat secara luas mengenai aktivitas yang dilakukan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta sesuai dengan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhamadiyah, yaitu (1) Pendidikan dan Pengajaran, (2) Penelitian dan Pengembangan, (3) Pengabdian Kepada Masyarakat serta (4) Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Fakultas Teknik merupakan salah satu dari 10 Fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Fakultas ke-4 ini didirikan pada tahun 1963 setelah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Kemudian UMJ mendirikan 6 Fakultas lainnya, yaitu Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Pertanian (FTan), Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Saat ini, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta memiliki 9 Program Studi, 1 Program Vokasi (D3), 7 Program Sarjana S1 dan 1 Program Sarjana S2. Program Vokasi (D3) yaitu Otomotif dan Alat Berat. Program sarjana S1 terdiri dari Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Arsitektur, Teknik Informatika dan Program sarjana S2 yaitu Teknik Kimia.

Dengan visi Menjadi Fakultas Teknik yang terkemuka, Modern, dan Islami pada tingkat nasional dalam mencetak Sarjana Teknik yang professional, berakhlak mulia dan berjiwa wirausaha pada tahun 2025, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta berkomitmen untuk terus menerus meningkatkan mutu pendidikan berbasis penguatan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhamadiyah. Dengan tagline “Berkeunggulan” dan bermotokan “Membiasakan yang BENAR, BUKAN membenarkan yang BIASA”, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta berupaya secara serius untuk menjadi Fakultas yang UNGGUL berdasarkan kebiasaan yang benar sesuai standar berbasis 9 Kriteria Penilaian Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi serta standar keahlian/kompetensi lulusan sesuai bidang keilmuan masing-masing program studi.

Dengan desain kurikulum Kampus Merdeka - Merdeka Belajar seiring dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta menjalin Kerjasama dengan berbagai stakeholder dari berbagai kalangan, baik akademisi, indsutri/praktisi, lembaga/institusi, pemerintahan/swasta hingga sosial/masyarakat. Kerjasama ini akan terus kami tingkatkan, tidak hanya di tingkat Nasional melainkan juga hingga tingkat Global.

Demikian prakata singkat dari kami, semoga web ini bisa memberikan manfaat seluas-luasnya bagi semua kalangan. Kritik dan saran membangun merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk perbaikan dan pengembangan di masa yang akan datang. Semoga Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta semakin jaya, semakin bisa berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam berkarya untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat. Aamiin…

Fastabiqul Khairaat... Wassalamualaykum warahmatullaahi wabarakaatuh

IRFAN PURNAWAN, S.T., M.Chem.Eng.
DEKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA