Fakultas Teknik UMJ

Fakultas Teknik UMJ

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) berdiri pada tahun 1963 dan dalam perkembangannya, telah mendapatkan status Akreditasi untuk seluruh Program Studi S1. FT UMJ menyadari bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan suatu tugas mulia guna mencerdaskan bangsa.

Dalam menghadapi era globalisasi dan meningkatnya teknologi di berbagai sektor, FT UMJ mampu menghadapi tantangan tersebut dengan mencetak lulusan, dengan motto Unggul dalam IPTEK dan Kokoh dalam IMTAQ. Alumni FT UMJ dirancang dapat bekerja mandiri dan berjiwa wirausaha sehingga dapat membuka lapangan kerja, hal ini sejalan dengan era globalisasi serta otonomi daerah.


Sejarah

Islam mengajarkan umatnya untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini guna mempermudah umat manusia dalam memahami tentang ke-Esaan Allah SWT dan dalam pelaksanaan tugas-tugasnya sebagai khalifah dimuka bumi.

Menyadari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dan pentingnya penguasaan bidang ini bagi umat Islam, maka sekelompok Sarjana Teknik di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah merencanakan untuk membuka Fakultas Teknik di Universitas Muhammadiyah Jakarta. 

Tanggal 27 Agustus 1963, terwujudlah idealisme dan cita-cita para sarjana tersebut dengan dibukanya secara resmi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Setelah melakukan perjalanan yang panjang, maka baru pada tahun 1975, Fakultas Teknik dapat menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dengan tempatinya kampus di Jalan Cempaka Putih Tengah 27, Jakarta Pusat 10510 yang merupakan sumbangan dari WORLD WIDE PERTAMINA FOUNDATION.

 A. DESKRIPSI SINGKAT JURUSAN

1. Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil FT-UMJ adalah Jurusan Teknik Swasta Pertama di Indonesia yang didirikan tahun 1963. Terakreditasi B pada tahun 2014. Beban studi pada jurusan Teknik Sipil ada sebanyak 150 SKS yang terbagi dalam 8 semester. Lama masa tempuh pendidikan para lulusan Teknik Sipil rata-rata 9-10 semester dengan masa studi paling lama maksimal 14 semester. Para lulusan Teknik Sipil banyak berkecimpung di bidang konstruksi untuk bangunan gedung, jalan, fasilitas umum, jembatan, dermaga, terowongan serta menara. 

 2. Jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro FT-UMJ berakreditasi C pada tahun 2010. Beban studi yang harus ditempuh mahasiswa adalah 144 SKS. Ada dua konsentrasi peminatan pada Teknik Elektro, yaitu : Tenaga Listrik dan Elektronika. Rata-rata masa studi mahasiswa Teknik Elektro FT-UMJ adalah 9-10 semester. Para lulusannya diharapkan dapat meningkatkan iklim penelitian, kerjasama dan pengabdian masyarakat serta dapat bekerja secara profesional, kreatif dan inovatif.

 3. Jurusan Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia FT-UMJ merupakan salah satu dari tujuh jurusan yang ada di FT-UMJ. Didirikan pada tahun 1963 dan dalam perkembangannya pada tahun 2014 telah mendapat status akreditasi B.

Dalam proses belajar mengajar silabus mata kuliah selalu mengacu pada kurikulum nasional (Kurnas). Kurikulum dirancang 4 tahun (8 semester) dengan beban studi sebanyak 151 SKS dan ada dua konsentrasi peminatan, yaitu : Teknologi Kimia dan Teknologi Silikat. Untuk mahasiswa yang pandai dapat menempuh program studi selama 8 semester. Lama studi rata-rata mahasiswa Jurusan Teknik Kimia adalah 10 semester.

Alumni Teknik Kimia dirancang dapat bekerja mandiri dan berwirausaha sehingga diharapkan dapat membuka lapangan  kerja. Jurusan Teknik Kimia juga pernah mendapatkan bantuan berupa bahan kimia, peralatan laboratorium dari berbagai pihak, seperti : Belanda, Pertamina, Jepang (JICA), Dikti-Depdiknas, TPSDP batch II, Dikti-ADB periode 2002-2006.

5. Jurusan Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri FT-UMJ mendapatkan Akreditasi B pada tahun 2014. Beban studi Teknik Industri adalah 148 SKS yang terbagi dalam 8 semester. Lama masa studi rata-rata mahasiswa Teknik Industri adalah 9-10 semester. Para lulusan Teknik Industri diharapkan mampu membuat perencanaan dan pengendalian produksi, mampu membuat studi kelayakan untuk pendirian pabrik, serta mampu membuat perencanaan dan pengendalian kualitas dan quality assurance product.

6. Jurusan Teknik Arsitektur

Program pendidikan Teknik Arsitektur FT-UMJ (TA FT-UMJ) berstatus Akreditasi A pada tahun 2014 dan merupakan pemenang program pengembangan pendidikan Semi Quality Undergraduate Education V Depdiknas periode 2003-2005. beban studi jurusan Teknik Arsitektur FT-UMJ adalah 146 SKS untuk 8 semester. Sarjana yang dihasilkan oleh TA FT-UMJ diharapkan mampu menjadi ahli dalam bidang perencanaan, perancangan dan pengelolaan lingkungan. Memiliki pengetahuan, ketrampilan, etika, tanggung jawab terhadap profesinya serta mampu mengembangkan pilihan karirdan memiliki daya saing dalam berprofesi.

7. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika FT-UMJ baru ada pada tahun 1993. Program studi Teknik Informatika didirikan dengan maksud untuk menyikapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi yang sangat pesat. Penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika dirancang dengan mengacu pada Kurikulum Nasional dengan pendekatan sistem SKS yang berjumlah 147 SKS dan dapat diselesaikan selama 4 tahun. Para lulusan Teknik Informatika FT-UMJ ini diharapkan dapat berperan aktif dalam berbagai bidang Industri, Penelitian, Informasi dan yang lainnya. Status Akreditasi untuk Teknik Informatika FT-UMJ adalah B tahun 2012.

8.  Program D3 Teknik Otomotif dan Alat Berat

Program D3 Teknik Otomotif dan Alat Berat (D3OAB) FT-UMJ didirikan untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja dalam bidang industri heavy equipment yang akan bekerja pada lokasi pertambangan, kehutanan, minyak & gas bumi serta konstruksi. Program studi D3OAB FT-UMJ bekerja sama dengan PT. United Tractor Tbk. Pelaksanaan perkuliahan dilakukan di FT-UMJ untuk semester 1-3 dan untuk semester 4-6 dilaksanakan di PT. United Tractor Tbk dengan total beban studi sebanyak 118 SKS. Untuk pelaksanaan On the Job Training untuk para mahasiswa D3OAB ini akan ditempatkan di seluruh cabang PT. United Tractor Tbk di Indonesia. Terakreditasi B pada tahun 2013. 


Visi

Visi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) diturunkan dari visi Universitas yaitu Menjadikan Universitas yang Terkemuka, Modern, dan Islami pada tahun 2025. Dari tiga kata kunci tersebut dijabarkan sebagai berikut :

1) Terkemuka memiliki arti dan tujuan menjadi unggulan tingkat nasional,

2) Islami mempunyai arti kepribadian yang berakhlak mulia dan

3) Modern mempunyai arti berbasis pada sistem informasi teknologi.

Fakultas Teknik dalam mewujudkan visi terkemuka adalah berperan aktif dalam kegiatan catur darma perguruan tinggi pada tingkat nasional. Islami adalah menerapkan nilai-nilai keislaman dan akhlak mulia, sedangkan modern sebagai sasaran/target untuk mencapai sikap professional dengan menggunakan teknologi informasi dan mampu berwirausaha. Dari tiga kata kunci tersebut FT UMJ memiliki visi professional berjiwa wirausaha dengan berlandaskan akhlak mulia


Mekanisme penyusunan VMTS melibatkan semua elemen civitas akademika (dosen dan mahasiswa), tenaga kependidikan, alumni, masyarakat industri dan beberapa stakeholder. Usulan dari semua elemen dijadikan bahan untuk merumuskan dan atau memutakhirkan VMTS melalui workshop dan lokakarya.


Secara bertahap untuk pencapaian pada tingkat internasional, hal ini didukung dengan adanya kerjasama internasional dan LOA (letter of Action). Implementasinya telah dilakukan dengan student exchange dan studi banding ke universitas mitra, seperti UNNE (Universidad Nacional del Nordeste) Argentina, UTM (Universiti Teknologi Malaysia) dan UMP (Universiti Malaysia Pahang) Malaysia. Hasil publikasi dosen dan mahasiswa di tingkat internasional juga dilakukan seperti dalam kegiatan seminar internasional di Argentina, Thailand dan Malaysia. Hasil Publikasi 19 dosen Fakultas Teknik juga sudah terindeks scopus dan sudah ada kolaborasi penelitian dengan UTM Malaysia bidang Teknik Kimia.


Visi FT UMJ dibuat untuk mengakomodir dinamika perkembangan perguruan tinggi nasional saat ini dan masa mendatang. Perkembangan yang mendasar di dalam visi FT UMJ terletak pada unggulan nasional yaitu keterlibatan dalam penelitian, pengabdian masyarakat dan kerjasama.

Misi

Fakultas Teknik UMJ dalam rangka mewujudkan visi, dijabarkan dalam misi sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memiliki keunggulan dibidang Ilmu Teknik.

2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan pengabdian masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.

3. Mengembangkan sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan) yang berkualitas.

4. Menjalin kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, pemerintah dan dunia industri.

5. Menyelenggarakan pembinaan civitas akademika dalam kehidupan Islami

6. Menanamkan sikap profesionalisme dan etos kewirausahaan

Tujuan

Perwujudan visi dan pelaksanaan misi FT UMJ, dicerminkan kepada pencapaian tujuan yang telah dicanangkan pada dokumen Renstra 2012-2016  yaitu:

1. Menghasilkan lulusan yang dapat mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu bersaing dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan

2. Menghasilkan lulusan yang siap menjadi kader Persyarikatan Muhammadiyah dengan menerapkan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai islam dan perkembangan iptek

3. Menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai bidang keahliannya.

4. Mengembangkan sarana dan prasarana untuk mendukung terciptanya suasana akademik yang Islami

5. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang tepat guna.

6. Menghasilkan publikasi ilmiah dalam skala nasional dan Internasional dari hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

7. Memperluas jaringan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan pemerintah, perguruan tinggi dalam dan luar negeri serta masyarakat industri.

8. Mengembangkan tata kelola yang profesional dalam manajemen.

9. Mengembangkan kewirausahaan melalui inkubator bisnis.  


Pimpinan

Dr. Ir. H. Budiyanto, MT.
- Dekan
Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, MSi, IPM
- Wakil Dekan I
Ir. Haryo Koco Buwono, MT.
- Wakil Dekan II
Nurvelly Rosanti, S.Kom, M.Kom
- Wakil Dekan III

Mitra