Berita Detail

Studi Lapangan Mahasiswa Teknik Sipil FT-UMJ ke PT. Gunung Baja Konstruksi 3 Mei 2018 dalam Rangka Civil Week 2018

Latar Belakang

Study Lapangan merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang berhubungan dengan akademik dan mendukung proses belajar mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa tidak hanya mendapat pengajaran dari kampus saja tetapi juga mengetahui dunia kerja yang akan mereka tempuh dan perlu mendapatkan pengalaman di luar kampus sebagai penyempurnaanya. Pelaksanaan pendidikan di dalam kampus dititikberatkan pada pengembangan kreativitas, pembekalan dasar keahlian dan pengembangan wawasan keilmuan akademik. Selain belajar dikampus mahasiswa juga dapat belajar di lapangan, dengan adanya kegiatan seperti ini mahasiswa jadi lebih mengetahui bagaimana situasi didunia kerja yang sebenarnya khususnya di industri konstruksi baja.  

Mahasiswa pada umumnya sebelum melakukan praktik pasti selalu didasarkan teori mata kuliah yang sudah diberikan oleh masing-masing dosen pengampu. Tidak hanya pintar diteori, namun mahasiswa juga harus bisa menerapkan teori-teori yang sudah diberikan melalui praktik yang dapat dilakukan dimana mahasiswa menimba ilmu, dalam hal ini adalah mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Selain mendapat teori dikelas dari dosen, buku, dan lain sebagainya mahasiswa diasah kemampuannya untuk dapat mempraktikan masing-masing teori dari beberapa mata kuliah yang mahasiswa tempuh melalui tugas-tugas.

Tujuan 

Kegiatan Studi Lapangan ke PT. Gunung Baja Konstruksi bertujuan untuk:

  1. Memperlihatkan mahasiswa tentang bagaimana produksi bahan konstruksi berupa baja secara langsung dan sebenarnya,
  2. Memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang seluk beluk dunia kerja industri konstruksi baja yang sesungguhnya,
  3. Menambah wawasan bagi para mahasiswa didunia konstruksi baja.
  4. Sebagai studi komparasi mahasiswa terhadap teori-teori yang didapat di kampus dengan praktik yang sebenarnya di industri baja dalam proses produksinya,
  5. Mengoptimalkan kemampuan mahasiswa dalam praktik lapangan pada sebuah produksi baja,
  6. Mengetahu bidang atau jenis pekerjaan/profesi di dunia kerja konstruksi baja
Manfaat

Kegiatan Studi Lapangan ke PT. Gunung Baja Konstruksi bermanfaat untuk:
  1. Sebagai usaha menambah pengalaman bagi mahasiswa sehingga nantinya dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan yang sebenarnya dilapangan atau didunia kerja konstruksi baja.
  2. Menambah pengetahuan mahasiswa tentang konstruksi baja yang ada di Jakarta dan sekitarnya,
  3. Dapat melihat langsung dunia kerja konstruksi baja yang sebenarnya yang ada di Jakarta dan sekitarnya.