Optimalkan Branding Sosial Media, IMM FT UMJ Adakan Pelatihan Manajemen Sosial Media
Jurnalis: Akbar Filayati (Mahasiswa Teknik Informatika FT-UMJ)
Foto Bersama Peserta dengan Pemateri, Virgi Alfiansah, S.Kom.(tengah), Dokumentasi Sancio Vegas. Pada 22 Juni 2024.
Jakarta
– Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (IMM FT UMJ) sukses menyelenggarakan pelatihan manajemen sosial media
yang bertempat di Ruangan Pusat Komputer Fakultas Teknik UMJ pada Sabtu, 22
Juni 2024. Acara ini bertemakan “Strategi Manajemen Media Sosial untuk
Meningkatkan Reputasi dan Kolaborasi”.
Pembicara
utama dalam pelatihan ini adalah Virgi Alfiansah, S.Kom, salah seorang alumni
dari PK IMM FT UMJ dan praktisi media sosial yang berpengalaman. Dalam sesi
materinya, Virgi menjelaskan pentingnya memahami audiens dan menciptakan konten
yang relevan serta menarik. Virgi juga memberikan tips praktis tentang cara
memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan Facebook
untuk membangun brand pribadi maupun organisasi.
Selain
itu, peserta juga berkesempatan untuk langsung mempraktikkan ilmu yang telah
didapat melalui sesi praktik yang interaktif secara berkelompok. Dalam sesi
ini, setiap kelompok diminta untuk membangun brand, yang terdiri dari
brand overview, menentukan target audience, content pillar,
kemudian competitor analyis, sampai menentukan channel atau paltform
sosial media yang cocok untuk membangun brand tersebut.
Sesi Penyampaian Materi oleh Pemateri, Virgi Alfiansah, S.Kom., Dokumentasi Sancio Vegas. Pada 22 Juni 2024.
Ketua
Bidang Media & Informasi PK IMM FT UMJ, Syahda Arista Putri, mengungkapkan
bahwa pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam
dunia digital yang terus berkembang. "Kami dari bidang medin berharap
melalui pelatihan ini, mahasiswa khususnya kader IMM FT UMJ dapat lebih maksimal
dan terampil dalam mengelola media sosial, baik untuk kepentingan pribadi,
organisasi, maupun profesional," katanya.
Acara
ini mendapat respons positif dari para peserta. Salah satu peserta, Nona Novita,
mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan memberikan wawasan baru
mengenai pengelolaan media sosial. "Saya belajar banyak hal baru yang
sebelumnya tidak saya ketahui. Materi yang disampaikan sangat relevan dengan
kebutuhan saat ini," ujar Nona.
Pelatihan ini diikuti oleh lebih dari 20 peserta, menariknya bukan hanya diikuti oleh kader PK IMM FT UMJ, tetapi juga turut hadir dari delegasi Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEKA), Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMARS FATHIRISTA), Komunitas Core IT, dan Foreign Language Community (FLC). Seluruh peserta sangat antusias hingga berakhirnya pelatihan ini.