Berita Detail

IMM FT UMJ Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk Membangun Keterampilan di Era Teknologi

Jurnalis: Akbar Filayati (Mahasiswa Teknik Informatika FT-UMJ)


Foto Bersama Peserta Dengan Pembicara Digital Marketing, Fahmy Wafa. Dokumentasi Sancio Vegas. Pada 12 Juni 2024. 

Jakarta – Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (PK IMM FT UMJ) sukses menyelenggarakan pelatihan digital marketing pada 12 Juni 2024. Pelatihan ini bertujuan untuk membangun keterampilan digital bagi kader IMM FT UMJ yang sangat dibutuhkan dalam era teknologi saat ini.

Pelatihan yang diadakan di Ruang Al-Khazini Fakultas Teknik ini diikuti oleh lebih dari 20 peserta yang terdiri dari seluruh kader IMM FT UMJ. Kegiatan ini menghadirkan pembicara, Fahmy Wafa, ahli di bidang digital marketing, termasuk praktisi dan akademisi yang telah berpengalaman. Pelatihan ini berfokus pada pengenalan dan tips dalam membangun brand serta menggaet pelanggan sebanyak mungkin.


Sesi Penyampaian Materi oleh Pembicara, Fahmy Wafa. Dokumentasi Sancio Vegas. Pada 12 Juni 2024. 

Ketua Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan IMM FT UMJ, Faza Shafa Azizah, menyampaikan pentingnya penguasaan digital marketing bagi mahasiswa. "Di era digital ini, memulai usaha sekaligus memiliki kemampuan memasarkan produk secara online sangatlah krusial. Dengan pelatihan ini, kami berharap kader IMM dapat mengembangkan keterampilan yang relevan dan aplikatif untuk dunia kerja dan bisnis," ujarnya.

Baca Juga: Kembangkan Dunia Literasi Mahasiswa, IMM FT UMJ Gelar Kelas Menulis.

Sesi pelatihan dimulai dengan pemaparan dasar-dasar digital marketing, pembicara menyampaikan strategi 5A, Awareness, Appeal, Ask, Act, dan Advocate. Dalam hal ini, penting adanya media yang digunakan bagi para pelanggan untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang informasi brand, seperti contohnya landing page, dan sosial media, facebook, instagram, dll. Dengan begitu semakin mudah bagi pelanggan untuk mendapatkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sesi Presentasi Kelompok Tentang Rencana Usaha dengan Digital Marketing. Dokumentasi Sancio Vegas. Pada 12 Juni 2024.

Akhir sesi materi, Pembicara menekankan pentingnya membangun komunikasi dengan pelanggan, komunikasi yang baik mampu memberikan pengalaman yang baik pula kepada pelanggan. Pelatihan diakhiri dengan sesi diskusi yang interaktif, di mana peserta berkesempatan untuk berdiskusi dan merancang ide kreatif bisnis, beserta trik dan strategi marekting menggunakan prinsip digital. Kemudian mempresentasikannya di depan peserta yang lain.


Baca Juga: Kembangkan Kompetensi Berorganisasi, IMM FT UMJ Gelar Pelatihan Manajemen Organisasi