Berita Detail

Spirit Dakwah Islam Dalam Baitul Arqam Mahasiswa 2024

Jurnalis: Akbar Filayati (Mahasiswa Teknik Informatika FT-UMJ)


Foto Bersama Peserta BAM Dengan Ketua UPP AIK FT UMJ  Drs. Didi Sunardi, MA. Dokumentasi Syahda Arista. Pada 1 Mei 2024. 

Jakarta - Unit Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UPP AIK FT UMJ) menggelar kembali Baitul Arqam Mahasiswa, pada 1 Mei 2024 bertempat di Aula Djoeanda Fakultas Teknik UMJ. Diikuti 90 Mahasiswa dari beragam program studi dan semester.

Acara ini merupakan kaderisasi, pembinaan akhlak, dan penanaman semangat dakwah islam dan muhammadiyah. Pada pembukaanya, dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik, Ir. Harwidyo Eko Prasetyo, ST. MT., dan Ketua UPP AIK FT UMJ Drs. Didi Sunardi, MA. "Baitul Arqom Mahasiswa ini diselenggarakan sebagai bentuk kaderisasi Muhammadiyah. Materi yg akan disampaikan seperti ideologi Muhammadiyah, cara beribadah sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, dan jg tata cara hidup Muhammadiyah sehingga setelah acara ini, mahasiswa dapat menyiarkan atau mendakwahkan materi yg diperoleh kepada masyarakat sekitar, seperti di lingkungan keluarga, tetangga, teman dan lebih luas lagi. Semoga dengan kegiatan Baitul Arqom Mahasiswa ini, Muhammadiyah makin bersinar dan bisa menyinari dengan kebaikan dan kebajikan kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia maupun di seluruh dunia. Aamiin.” Ujar Harwidyo, pada sambutannya.


Sambutan Ir. Harwidyo Eko Prasetyo, S.T., M.T. Selaku Wakil Dekan III FT-UMJ. Dokumentasi Syahda Arista. Pada 1 Mei 2024.

Baitul Arqam Mahasiswa dimulai dengan penyampaian kontrak belajar oleh  Awang Ihsan Wishal selaku Master of Training (MoT), dilanjutkan Prestest dan Assesment perkelompok dengan para instruktur. Pada sesi ini peserta diuji pemahaman mereka tentang ibadah dan kemuhammadiyahan serta kemampuan baca al-qur’an. Kemudian masuk pada sesi materi, pertama ideologi muhammadiyah yang disampaikan oleh Drs. Didi Sunardi, MA., kedua Ibadah sesuai tuntunan al-qur’an dan sunnah di sampaikan oleh Suhur Sami’un M.Ag., dan terakhir materi pedoman hidup islami warga muhammadiyah (PHIWM) disampaikan oleh Dr. Azmi Yahya. MM.

Baca Juga: UPP AIK FT UMJ  Sukses Adakan Baitul  Arqam Mahasiswa 2023

Pada akhir acara, dilaksanakan evaluasi kegiatan yang meliputi kehadiran, hasil test dan assesment serta kelulusan peserta Baitul Arqam Mahasiswa. Setelah itu prosesi ikrar yang berlangsung secara khidmat yang dipimpin oleh peserta terbaik, Haris Winoto dari Teknik Mesin dan M. Rizqi Raihan Firdaus dari Teknik Informatika.


Suasana  Prosesi Ikrar Mahasiswa. Dokumentasi Akbar Filayati. Pada 1 Mei 2024.

Didi Sunardi, menekankan Baitul Arqam Mahasiswa harus terus dijalankan, selain sebagai bentuk dakwah islam dan muhammadiyah, harapannya dari peserta juga mampu mendakwahkan kembali kepada orang-orang sekitar dan juga mampu mengenal sekaligus memahami lebih jauh lagi tentang gerakan muhammadiyah. “Hendaknya kita terus berfikir dan bergerak, berfikir atas dasar dakwah dan bergerak atas dasar muhammadiyah”, ujarnya.

Salah satu peserta Baitul Arqam Mahasiwa, Khoriul Umam juga menyampaikan, “Seluruh rangkaian acaranya menarik, saya juga tertarik untuk lebih mendalami lagi tentang kemuhammadiyahan, semoga acara BAM selanjutnya bisa lebih baik lagi dari tahun ini”.


Editor: Ariesta Dwi Utami

Baca Juga: Sambung Silaturahmi dengan Alumni, IMM FT-UMJ Menyelenggarakan Buka Bersama