Berita Detail

Sinergi Menguatkan Ikatan, Ikatan Alumni Teknik Kimia FTUMJ berikan Beasiswa dengan Total Rp. 7.500.000


Foto bersama Sharing tematis dan pemberian beasiswa IKALUMIA 6th batch. Dokumentasi Humas FT-UMJ. Pada 8 Maret 2023.

Jakarta – Ikatan Alumni Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan Sharing Tematis dan Pemberian Beasiswa 6th Batch dengan tema Sinergi Menguatkan Ikatan. Kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu tanggal 8 Maret 2023 di ruang Al-Battani FT-UMJ. Sharing tematis diikuti oleh seluruh  mahasiswa Teknik Kimia FTUMJ dari semua Angkatan. Pemberian beasiswa ini baru lagi dilakukan setelah vakum 2 tahun akibat pendemi covid-19.  

Beasiswa yang diberikan terbagi menjadi 3 beasiswa utama dan 3 beasiswa pendukung. Beasiswa utama terdiri dari beasiswa pertama senilai Rp. 3.000.000, beasiswa kedua senilai Rp. 2.000.000 dan beasiswa ketiga senilai Rp. 1.000.000 dan Beasiswa pendukung senilai Rp. 500.000 untuk 3 mahasiswa. Dana yang digunakan untuk beasiswa berasal dari donasi Ikatan Alumni Teknik Kimia FTUMJ.

“Kegiatan sharing tematis dan pemberian beasiswa ini menjadi ajang silaturahmi antara kakak-kakak alumni dengan mahasiswa. Kegiatan ini baru dilakukan kembali setelah vakum 2 tahun akibat pendemi covid-19. Harapan kedepannya kegiatan ini bisa dilakukan setiap tahunnya, selain itu mahasiswa juga bisa sharing bagaimana menyiapkan diri sebagai sarjana Teknik kimia” Ujar Ummul Habibah Hasyim, S.T., M.Eng. selaku Sekertaris Program Studi Teknik Kimia FT-UMJ.


Sharing season oleh Yuliansyah, S.T., MEI, CFP. Dokumentasi Humas FT-UMJ. Pada 8 Maret 2023.

Pemberian beasiswa diikuti dengan sharing tematis oleh Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng. Selaku Alumni Teknik Kimia FTUMJ sekaligus Dekan FTUMJ dan Yuliansyah, S.T., MEI, CFP. selaku Ketua Ikatan Alumni Teknik Kimia FTUMJ sekaligus CEO Gilang Grup. Irfan memberikan sharing lulusan Teknik kimia dari sudut pandang akadmisi sedangkan Yuliansyah memberikan sharing lulusan Teknik kimia dari sudut pandang praktisi.

Yuliyansah mengatakan pada sesi sharing ini beliau akan menggambarkan potensi atau peluang yang bisa dilakukan sebagai lulusan sarjana Teknik Kimia. Dengan begitu mahasiswa tidak memiliki rasa salah jurusan atau pun merasa sulit dalam belajar. Dan juga Mahasiswa punya gambaran setelah lulus kuliah. beliau juga mengatakan bahwa mahasiswa harus menentukan dari sekarang kedepannya mau menjadi apa.

 

Sharing season oleh Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng. Dokumentasi Humas FT-UMJ. Pada 8 Maret 2023.

Irfan menambahkan Sebagai Mahasiswa selama kuliah harus diplot atau direncanakan agar bisa lulus tepat 4 tahun.  Beliau juga berpesan bahwa mahasiswa jangan takut akan perubahan, selain itu terus intropeksi, selalu evaluasi apa yang sudah kita kerjakan dan apa yang akan kita kerjakan.

“Mahasiswa yang terpilih mendapatkan beasiswa adalah mereka yang sudah lolos pada tahap seleksi administrasi dan wawancara. Selain itu yang menjadi pertimbangan juga adalah mahasiswa yang aktif berorganisasi dan memperoleh prestasi selama kuliah. Untuk mahasiswa yang belum berkesempatan mendapatkan beasiswa ini jangan berkecil hati, kalian bisa mengikuti lagi di batch bacth selanjutnya. Dan jangan lupa mengukir prestasi. Prestasi menjadi poin yang besar untuk pertimbangan.” Ujar Gemma Fitriyano, S.T., M.T. selaku juri dan ketua acara Sharing Tematis dan Pemberian Beasiswa IKALUMIA 6th Batch.

 Penerima Beasiswa IKALUMIA 6th Batch. Dokumentasi Humas FT UMJ. Pada 8 Maret 2023.

Beasiswa pertama diperoleh oleh Mutia Fitriani, beasiswa kedua diperoleh oleh Qodriani Apri Wulandari dan beasiswa ketiga diperoleh oleh Novita Nur Anggraini. Sedangkan Beasiswa pendukung diperoleh oleh Istiqomah Wahyu Asih, Zibran Chairunisa dan Nisrina Harum Anggraini. Selamat kepada mahasiwa yang memperoleh beasiswa dan Semoga beasiswa ini dapat digunakan sebaik mungkin.

Baca juga: Mendorong Mahasiswa Memiliki Prestasi Global, FT UMJ Adakan Pesantren Inggris.