News Detail

Workshop Praktikum Gambar Arsitektur Digital "Proses Pembuatan Gambar Kerja Pada Software Autocad"

Assalamualaikum Wr. Wb,

Praktikum Gambar Arsitektur Digital dengan tema “Proses Pembuatan Gambar Kerja Pada Software Autocad” dilaksanakan pada Sabtu, 03 Juli 2021 pukul 09.00-selesai. Workshop dibuka oleh Sepli Yandri, ST. M.Ars. dengan salam, dilanjutkan dengan pembacaan susunan acara dan pembacaan profil instruktur. Pemaparan materi workshop praktikum gambar arsitektur digital tentang proses pembuatan gambar kerja arsitektur menggunakan software Autocad disampaikan oleh Jundi Jundullah S.Ars. M.Ars. selaku dosen tetap arsitektur UMJ, dibuka dengan perkenalan dan pemaparan presentasi.

Materi yang disampaikan dalam workshop praktikum gambar arsitektur digital tentang proses pembuaatan gambar kerja arsitektur ini meliputi: latar belakang pembuatan gambar kerja beralih dari gambar tarikan tangan ke gambar digital beserta pengenalan software autocad mengalami update dari waktu ke waktu. Software adalah alat untuk mempermudah pekerjaan dalam pembuatan gambar kerja atau pekerjaan arsitektur.

Proses pembuatan gambar kerja pada Autocad menggunakan tamplate acad.iso, supaya pengaturan yang ada menyesuaikan standar gambar kerja dengan ukuran milimeter. Selanjutnya melakukan setting option untuk mengatur versi penyimpanan software cad agar bisa berkolaborasi dengan orang lain. Pengaturan layer pada pembuatan gambar kerja arsitektur menggunakan kode dan nama layer. Layer berfungsi untuk menentukan warna dan ketebalan garis serta jenis garis yang dihasilkan.

Hal pertama yang dilakukan sebelum membuat gambar kerja adalah melakukan pengaturan layer meliputi pengaturan nama layer, linetype, dan lineweight nya. Selanjutnya dilakukan pembuatan as sesuai desain yang diinginkan, pembuatan kolom beserta arsir concrete di dalamnya. Selanjutnya ketik “block” lalu enter, selanjutnya kolom di copy (co+spasi) pada setiap sudut ruangan yang membutuhkan adanya kolom.

Selanjutnya dilakukan pembuatan jendela dengan mengubah layer menjadi layer kusen, lalu lakukan penggambaran jendela, dilakukan pembuatan pintu, dilakukan pembuatan dinding di antara pintu dan jendela yang sudah diletakkan pada posisi yang diinginkan. Lakukan pemberian arsir pada dinding dengan klik H-enter/spasi, lalu pilih ansi32, pick point pada posisi dinding yang ingin diarsir.

Pembuatan dimensi dilakukan dengan klik D+enter/spasi, lalu lakukan pengaturan garis, warna garis, dan warna, dan ukuran teks pada dimensi. Lakukan match dengan klik Ma+enter/spasi lalu pilih dimensi yang lain. Selanjutnya gambar denah sudah selesai, lakukan penambahan teks untuk keterangan nama ruang-ruang yang ada pada gambar denah. Lakukan eksport gambar denah ke pdt dengan klik P-enter/spasi, lalu lakukan pengaturan ukuran kertas, window, atur area plot scale, lalu atur setting plot - monochrome, oke, print.

Hal yang paling mengerikan dalam penggunaan autocad adalah adanya problem fatal error, yang menghilangkan data yang telah dibuat di autocad. Jika fatal error terjadi, maka file sudah rusak  dan harus membuat ulang. Untuk meminimalisir terjadinya fatal error, hal yang harus dilakukan adalah membuat gambar dengan rapih agar file tidak terlalu berat.

Demikian berita dan laporan kegiatan workshop Praktikum Gambar Arsitektur Digital dengan materi “Proses Pembuatan Gambar Kerja Pada Software Autocad” telah terlaksana dengan lancar. Semoga workshop dan sayembara ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan skill mahasiswa arsitektur.

 Wassalamualaikum Wr. Wb,