News Detail

Online Workshop "Pemodelan Bangunan Bertingkat Rendah Dengan Software Enscape"

Assalamualaikum Wr.Wb,

Kegiatan workshop “Pemodelan Bangunan Bertingkat Rendah Dengan Software Enscape” dilaksanakan pada Sabtu, 3 April 2021 pukul 09.00-12.00. Workshop ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan praktikum Prodi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Jakarta untuk meningkatkan skill mahasiswa dalam melakukan pemodelan dan rendering desain arsitektur.

Workshop dibuka oleh Jundi Jundullah S.Ars, M.Ars dengan salam, dilanjutkan dengan pembacaan susunan acara dan pembacaan profil instruktur. Pemaparan materi workshop oleh Putra Fajar S.Ars. Materi yang disampaikan meliputi:

o   Enscape merupakan software render foto dan video yang bisa menjadi extention dari sketchup. Toolbar enscape merupakan kombinasi antara V-ray dan Lumion.

o   Tips & trick yang perlu dilakukan agar software enscape tidak terlalu berat saat digunakan.

o   Software Enscape juga bisa menghasilkan VR Panorama 360’

o   Penyampaian Demo modelling penggunaan software enscape, penggunaan toolbar, pengaturan perspektif, pencahayaan, dan percobaan render.

a.      Enscape dan sketchup merupakan software yang berkolaborasi secara real time dengan menekan tombol synchronize. Untuk melakukan modelling dilakukan di sketchup, dan otomatis model yang ada di enscape akan berubah.

b.     Melakukan render yang lebih real di enscape dilakukan dengan menggunakan asset library di enscape, dengan kondisi internet menyala. Drag model pohon/orang ke model sketchup dan akan berubah di enscape nya.

c.      Pengaturan render menggunakan Visual Setting, terdapat beberapa fitur sebagai berikut:

a.      Fitur rendering: pengaturan hasil render

b.     Fitur Image: pengaturan gambar yang ingin dihasilkan, kecerahan, pencahayaan, dst.

c.      Atmosphere: fitur pengaturan suasana, seperti pengaturan lanskap dan settingan di sekitar model yang diinginkan.

d.     Capture: pengaturan ukuran dan kualitas hasil render yang diinginkan.

d.     Pengaturan material dan interior model, dengan menggunakan fitur enscape material untuk mengatur tekstur, ketajaman, dan pantulan material nya. Serta fitur enscape object untuk pengaturan lampu dan pencahayaan interior ruang.

e.      Enscape juga bisa digunakan untuk render floorplan.

f.      Pembuatan animasi di enscape dilakukan dengan shortcut H, dilanjutkan dengan pengaturan pada fitur add keyframe & timeline sesuai keinginan.

Demikian berita dan laporan kegiatan workshop dan sayembara desain “Pemodelan Bangunan Bertingkat Rendah Dengan Software Enscape” telah terlaksana dengan lancar. Semoga workshop dan sayembara ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan skill mahasiswa. Peserta yang hadir dalam workshop ini berjumlah 24 orang. Workshop dan sayembara ini berhadiah 1.000.000 rupiah untuk 3 pemenang.

Wassalamualaikum Wr. Wb,