News Detail

WORKSHOP SKETSA

    

        Pada hari sabtu tanggal 22 Juni 2019 Prodi Arsitektur Muhammadiyah Jakarta, mengadakan agenda WORKSHOP SKETSA yang merupakan rangkaian kegiatan menggambar  dasar arsitektur dengan menggunakan teknik cat air dengan objek.

            Untuk pengisi materi pengantar latihan Workshop Sketsa ialah Bapak Nur Fitra Hadianto, S.T., M.T.  Beliau adalah lulusan  dari S1 Arsitektur UPI dan S2 Arsitektur ITB. Pak Nur Fitra menjelaskan alur acara serta  memberikan materi dasar menggambar dengan Teknik Cat Air. Sebagai objek yang akan digambar oleh para peserta workshop adalah Bangunan Fakultas Teknik UMJ. 

Tahapan dasar yang pertama adalah Outlining atau dikenal dengan teknik menggambar garis utama atau garis penjelas bentuk objek gambar. Keutamaan tahapan ini yaitu memberikan acuan pewarnaan dan pemberian bayangan sebagai efek yang dapat membuat objek gambar terlihat lebih ‘hidup’ atau mirip dengan aslinya. Kemudian tahapan dasar kedua adalah Shading atau pemberian bayangan pada objek gambar. Bayangan yang ditambahkan harus disesuaikan dengan arah penyinaran yang ditentukan oleh orang yang sedang menggambar. Misalnya saja sesorang menentukan arah sinar dari sebelah kanan atas kertas gambar, 

Tahapan ketiga dalam langkah pewarnaan dengan cat air adalah pemberian warna dasar objek gambar dan foreground / latar depan. Setelah pemberian bayangan, maka objek gambar harus segera diberi warna lain yang dominan pada objek aslinya dan juga warna elemen pendukung lainnya yang ada di sekitar objek gambar, seperti misalnya pohon, jalan, tiang listrik, atau elemen lain di sekitarnya . Langkah keempat atau terakhir adalah teknik finalisasi. Hal ini sangat bergantung pada konsep seseorang. Apabila ia ingin gambarnya semirip dengan objek aslinya, maka ia harus memberi tambahan elemen-elemen lain yang dapat menambahkan kemiripan tersebut. Ia juga harus tepat dalam menambahkan efek bayangan pada elemen lain di sekitar objek gambar utama.