News Detail

WORKSHOP KAYU (Kerjasama dengan SMK 4 Jakarta)


Assalamualaikum Wr.Wb

Pada hari senin, tanggal 6 Agustus 2018 bertempat di SMKN 4 Rorotan,  Jakarta Utara Himpunan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT - UMJ) bekerjasama dengan SMKN 4 Jakarta Mengadakan kegiatan workshop dengan objek material kayu yang sudah familiar dalam Pekerjaan struktur dan konstruksi Arsitektur, dimana memberikan pembelajaran bagaimana cara memanfaatkan elemen kayu untuk produk interior. Sasaran dalam kegiatan workshop ini diperuntukkan kepada Mahasiswa Arsitektur dan siswa SMK, khususnya SMK dengan program Studi Teknik Furniture.

Panitia dalam Kegiatan Workshop ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam  Anggota Himpunan Mahasiswa Arsitektur  FT – UMJ (FATHIRISTA).  Dengan Tema :

“ Inovatif  Dan  Kreatif  Mengelola  Bahan  Alami “

  • Kegiatan workshop ini diharapkan dapat menjadi salah satu wadah mahasiswa untuk menuangkan kreatifitas pada kayu dan memperdalam pemahaman pada ilmu konstruksi kayu.

TUJUAN :

Workshop ini bertujuan untuk melatih kemampuan peserta workshop dalam menyiapkan bahan kayu sebelum merakitnya menjadi sebuah produk perabot (furniture). Dua hari sebelum kegiatan workshop dimulai beberapa siswa SMK N 4 Jakarta melakukan proses pembahanan lembaran kayu partikel menjadi lembar yang lebih kecil sesuai dengan rancangan, agar pada saat sudah dimulai kegiatan Workshop semua peserta dapat lebih mudah dan efektif melakukan perakitan lembar kayu tersebut menjadi rak multiguna.

Sebelum workshop dimulai, para peserta mahasiswa dikumpulkan disebuah ruang kelas untuk diberi materi dan penjelasan oleh salah satu dosen Arsitektur UMJ, Ir. Luqmanul Hakim, M.Si, mengenai material kayu dan kegunaannya, baik itu tentang karakteristik kayu dan pengolahan kayu. Sebelum akhirnya dikumpulkan kembali dibengkel kayu SMKN 4 untuk bergabung dengan kelompok yang dimentori siswa SMKN 4 Jakarta.            

Dalam kegiatan workshop ini para peserta dilatih bagaiman cara membuat Rak Multiguna dengan bahan dasar kayu yang sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya. Adapun tahapan dalam pelaksanaanya adalah :

-          Proses pengamplasan lembaran kayu partikel

-          Pernis kayu

-          Perakitan kayu sampai menjadi bentuk rak yang diinginkan.

-          Finishing

 

Kegiatan Workshop ini berakhir pada sore hari dan ditutup oleh sambutan Ketua Prodi Teknik Furnitur SMKN 4 Jakarta, yaitu Ibu Erni Asmarayani, S.Pd, serta foto bersama dengan semua peserta workshop.

Wassalamualaikum Wr.Wb

                                                                                                                                      -                                                                        -Terima Kasih-

Link Download File : kegiatan-workshop-material-kayu-_19-08-20.pdf