News Detail

WORKSHOP 3D MODELLING (Software 3DsMAX - Semester Ganjil 2019/2020)

WORKSHOP 3D MODELLING (Software 3DsMAX)

TENTANG 3DsMAX

Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) memiliki 3 Rumpun Mata Kuliah (RMK), yaitu RMK 1 yang berfokus pada Perancangan Arsitektur, Teknologi Bangunan, dan Digitalisasi Arsitektur, kemudian RMK 2 yang berfokus pada Permukiman dan Perkotaan, dan RMK 3 yang berfokus pada Kritik, Teori, dan Sejarah Arsitektur. Salah satu mata kuliah pilihan di Rumpun Mata Kuliah (RMK) 1 bagi mahasiswa yang sedang menempuh semester 7 adalah Pemodelan Digital. Mata kuliah ini berfokus pada pengenalan perangkat lunak (software) yang menjadi keahlian pendukung mahasiswa saat menyelesaikan rangkaian gambar kerja untuk sebuah proyek arsitektur, khususnya yang membutuhkan output 3 Dimensi.

PELAKSANAAN WORKHSOP 3DSMAX

Workshop 3DsMAX dilaksanakan pada tanggal 23 dan 30 November 2019 di Laboratorium Komputer Prodi Arsitektur UMJ dengan instruktur alumni dari prodi ini yaitu Husniarsyah, S.Ars. Ia memiliki kompetensi di penguasaan software 3DsMAX dan telah berpengalaman menjadi instruktur di beberapa institusi seperi UI, UMN, dan lainnya. Peserta Mata Kuliah Pemodelan Digital berjumlah total 45 orang, sehingga kelas workshop dibagi menjadi 2 hari yang mengakomodasi 20 peserta pada hari pertama dan 25 peserta di hari kedua. Berikut adalah dokumentasi dari workshop hari pertama, 23 November 2019.     

Materi yang disampaikan ada Workshop 3DsMAX ini terdiri dari 2 hal, yaitu pengenalan fitur dasar/basic dan teknik pengembangannya. Di bagian pengenalan fitur dasar, mahasiswa diberi pengetahuan mengeai tahapan dalam mendesain 3 dimensi menggunakan 3DsMAX, yaitu tahap modeling, penambahan material, mengunduh aset / fitur pendukung desain, dan yang terakhir adalah rendering