PELATIHAN WORKSHOP 3D MODELLING (Software 3DsMAX)
WORKSHOP 3D MODELLING (Software 3DsMAX)
Assalamualaikum
Wr.Wb
Pengenalan dan Pemahaman Tentang 3DsMAX.
Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah
Jakarta (UMJ) memperkenalkan Software
3DsMAX yang terdapat pada mata
kuliah Digitalisasi Arsitektur (Pemodelan Digital). Pada semester Ganjil (7) di
Tahun Ajaran 2019/2020. Dimana mata
kuliah ini berfokus pada pengenalan perangkat lunak (software) yang menjadi
keahlian pendukung mahasiswa saat menyelesaikan rangkaian gambar kerja untuk
sebuah proyek Arsitektur, khususnya yang membutuhkan output 3 dimensi,
khususnya dalam perkenalan software
3DsMAX.
Sotware
3DsMAX adalah sebuah pemodelan 3 Dimensi
yang kuat dan Solusi animasi yang digunakan oleh pengembang game, seniman efek
visual dan desain grafis untuk menciptakan dunia yang massif, pemandangan yang
memukau dan pengalaman Virtual Reality
(VR) yang menarik (autodesk,2019).
Adapun dalam perkenalan software 3DsMAX diadakan pelatihan (workshop) secara kilat dalam
waktu 1 hari kepada seluruh peserta mahasiswa tersebut (Pemodelan Digital)
khususnya pada software 3DsMAX.
Dengan harapan para mahasiswa mampu memahami langkah - langkah dasar dalam
menggunakan fitur – fitur yang ada pada software
3DsMAX untuk selanjutnya dikembangkan oleh masing – masing individu menjadi
keluaran 3 Dimensi (3DsMAX) yang berkualitas tinggi.
Untuk
pelaksanaan Workshop 3DsMAX pada mata kuliah Pemodelan Digital dilaksanakan
pada tanggal 23 dan 30 November 2019
di Laboratorium Komputer Prodi Arsitektur UMJ dengan Instruktur Alumni dari
Prodi Arsitektur yaitu Husniarsyah, S.Ars. Beliau memiliki Kompetensi dalam
penguasaan software 3DsMAX dan telah
berpengalaman menjadi instruktur di beberapa institusi pendidikan, seperti ; UI, UMN dan lainnya . Peserta mata
kuliah Pemodelan Digital dalam pelatihan workshop dibagi menjadi 2 hari
mengingat peserta berjumlah 45 orang. Untuk hari pertama mengakomodasi 20
peserta dan untuk hari kedua mengakomodasi 25 orang.
Dalam
pelatihan Workshop 3DsMAX ada 2 hal materi yang disampaikan dalam pelatihan
ini.
Diantaranya
;
-
Pengenalan Fitur dasar/basic
-
Teknik Pengembangan.
Pada bagian pengenalan fitur dasar, mahasiswa diberi
pengetahuan mengenai tahapan dalam mendesain 3 dimensi menggunakan 3DsMAX yaitu
; Tahap Modelling, Penambahan Material, Mengunduh Aset / Fitur Pendukung Desain
dan yang terakhir adalah Rendering.
Dalam
mempermudah koordinasi dan pelaksanaan workshop antara Instruktur dengan para
peserta, maka dibuatlah Classroom sebagai wadah dalam membagikan materi utama,
materi pendukung dan tugas bagi peserta workshop, fungsinya adalah mempermudah
pelatihan Workshop,
Wassalamualaikum Wr.Wb
-Terima Kasih-