News Detail

Diskusi Nasional Civil Week 2019 yang bertema "Revolusi Industri 4.0 dalam pembangunan infrastruktur di indonesia"

Pemerintah Indonesia saat ini sedang menyusun grand design Sistem Logistik Nasional. Hal ini dilakukan untuk terus memperbaiki masalah logistik yang banyak dikeluhkan oleh pelaku usaha di bidang logistik. Grand Design ini tidak hanya mengoptimalkan pembangunan infrastruktur fisik yang terintegrasi, tetapi juga akan mengoptimalkan aspek digital agar mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0. Tujuannya untuk meningkatkan dan mengoptimalkan ekspor nasional. 

Pemerintah Indonesia terus berusaha memperbaiki kondisi logistik dengan membangun infrastruktur untuk menghilangkan hambatan yang menjadi masalah ekonomi kita. Sistem logistik yang baik diperlukan untuk mengembangkan sektor industri agar menghasilkan efisiensi.

Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) FT-UMJ bersama dengan Program Studi Teknik Sipil FT-UMJ mengadakan acara Civil Week 2019. Civil Week merupakan serangkaian acara yang dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa baik itu Softskill maupun Hardskill. Pada Hari Selasa 12 November 2019, dilaksanakan Diskusi Nasional 2019 di Aula FT-UMJ yang bertema "Revolusi Industri 4.0 dalam pembangunan infrastruktur di indonesia" dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa teknik sipil di Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang berjumlah sekitar 1500 mahasiswa yang tersebar di beberapa kampus di jakarta yang juga menghadiri dalam acara Temu Wicara Nasional Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (TWNas FKMTSI) 2019.

Pada Acara Diskusi Nasional 2019, hadir sebagai narasumber antara lain:

1. Dr.Ir.Achmad Hermanto Dardak, M.Sc (Dewan Pakar Persatuan Insinyur Indonesia);

2. Dimas Bayu Susanto, ST, MPSDA (Kepala Sub Bagian Perencanaan, Bagian Perencanaan Evaluasi, Sesditjen Bina Konstruksi, Kementerian PUPR);

3. Ir.Manahara R. Siahaan (Ketua Umum DPP ATAKI dan GAPEKNAS).

Dan juga hadir sebagai Moderator adalah: Harwidyo Eko Prasetyo, ST, MT (Dosen Program Studi Teknik Sipil FT-UMJ).